Oleh:
Taufikurrahman, M.Pd.I
Variabel penentu yang membuat sekolah bermutu adalah guru-gurunya yang
memiliki tingkat adaptasi yang tinggi dalam lingkungan yang selalu berubah.
Ilmu pengetahuannya selalu terbarukan sejalan dengan perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi yang semakin cepat. Kemajuan sekolah
dipengaruhi oleh tingkat perkembangan keterampilan guru dalam mendongkrak
kemajuan siswa belajar. Keterampilan terbaiknya adalah membuat siswa belajar
bagaimana caranya belajar.
Guru yang efektif membuat siswanya balajar mandiri, meningkatkan
keterampilannya karena kemauan belajarnya yang meningkat dari waktu ke waktu.
Kemajuan sekolah didorong oleh kemampuan guru selalu menyajikan hal-hal yang
baru sehingga siswa memiliki motivasi yang kuat untuk mengeksplorasi banyak
fenomena untuk mendapatkan pengetahuan yang baru. Untuk menunjang kemajuan
khususnya tekhnologi yang akhir akhir ini sedang digalakan oleh pemerintah
pusat seharusnya menjadi jembatan untuk kemajuan sekolah.
Sekolah yang bermutu memiliki orang tua yang partisipatif mendukung
siswa mempersiapkan dan meningkatkan aktivitasnya mempelajari berbagai hal yang
bermutu. Meningkatkan kemauan siswa untuk selalu bekerja dengan baik.
Pemantapan belajarnya selalu tertingkatkan melalui pengulangan dan pembiasaan.
Orang tua yang efektif adalah yang memahami kebutuhan siswa belajar, mendukung
guru-guru bekerja efektif.
Sekolah yang efektif adalah sekolah yang dapat memanfaatkan lingkungan
sekitar sekolah dan lingkungan global yang diintegrasikan dengan teknologi
sehingga dinding kelas tidak menjadi pembatas pikiran siswa untuk berkembang.
Sekolah mampu mengintegrasikan sumber daya sekitar wilayahnya menjadi bagian
dari peraga pembelajaran yang efektif. Pelaksanaan pendidikan terintegrasi pada
kemajuan masyarakatnya dan terkait pada kemajuan yang bangsa-bangsa lin
pamerkan. Pikiran siswa dibuka lebar dengan wawasan global.
Akan Tetapi Di Era Globalisasi dan kemajuan jaman
yang sangat cepat dan diharuskan untuk mengikutinya masih banyak Guru yang
masih ketinggalan dan belum bisa mengoperasikan Komputer. Itu menjadi catatan
penting dikala siswa harus bisa sementara Gurunya tidak bisa Lantas Siswa
Bisanya dari mana....?
Variabel utama penentu kemajuan ialah kepala sekolah. Kepala sekolah
adalah kunci kemajuan sekolah. Semua potensi yang tersedia di sekolah tidak
akan berarti apa-apa di tangan kepala sekolah yang tidak kreatif. Sebaliknya
berbagai keterbatasan akan perubah di tangannya karena ia cerdas mengolahnya.
Catatan Penting Tidak Selamanya Untuk Kepala Sekolah Yang Tua Yang
Berwibawa. Untuk Kebanyakan Kepala Sekolah kepala sekolah adalah yang sudah
tua, Katanya yang tua lebih banyak Asam Garamnya. Hal ini akan tidak tepat
ketika dituntut dengan kemajuan jaman dibidang tekhnologi ketika bimbingan
teknis, dan lain2...
Kepala sekolah menggerakan seluruh insan di
sekolah dengan cepat dan aman, seperti seorang pilot pesawat jumbo yang selalu
sigap menghadapi berbagai perubahan dan tantangan, pemberani dan penuh
berdisiplin, berpikir dan bergerak cepat. Pikirannya selalu jauh melampaui
pandangan orang-orang di sekitarnya karena karakternya yang selalu mendahului
orang dalam belajar. Perhitungannya lebih kuat, lebih cepat, lebih dinamis,
lebih mengarah, lebih teriorganisir dalam memfasilitasi dan menggubah semua potensi
menjadi prestasi.
0 komentar:
Posting Komentar